Minggu, 09 Oktober 2011

Akhlak Mulia

Diposting oleh vrinia's blogg di 06.59

Akhak Penuntut Ilmu
Sempurnakan Adab,Muliakan Guru

Kata kakek nenek,bapak ibu guru jaman beliau dulu demikian dihormati.Saat datang ke sekolah,para murid berebut menuntunkan sepeda dan membawakan tasnya.Saat mengajar di kelas,tag ada yang berani berbuat gaduh,apalagi bikin onar.Siswa dididik untuk disiplin,tanggung jawab dan menghormati guru.
Seiring dengan perkembangan jaman,sebagian nila-nilai itu telah mulai luntur,khusunya penghormatan murid terhadap guru.Bahkan ada yang benar-benar kebalikan dari yang semestinya.Di sebuah sekolah swasta favorit di kota X misalnya,ada guru yang bertugas membukakan pintu  si murid yang diantar ortyunya! Masya Allah...
Bukankah si murid yang lebih patut untuk membukakan pintu mobil gurunya? Sekolah memaksudkan itu sebagai bagian dari pelayanan,akan tetapi tentu tidak dengan cara berlebihan dengan mengorbankan adab-adab yang semestinya.
Sistem-sistem seperti itu,baik langsung atau tidak,akan mempengaruhi cara pandang murid kepada guru,yang pada akhirnya akan melunturkan penghormatan murid kapada gurunya.
* Padahal penghormatan murid kepada guru adalah adab pertama yang harus diperhatikan oleh para penuntut ilmu.

* Adab kedua dari seorang penuntut ilmu berkaitan dengan muamalahnya dengan sesama penuntut ilmu.
Disini murid dituntut untuk berbuat baik kepada semua rekannya,saling nasihat-menasehati,saling membantu dalam kebaikan,memaafkan kesalahan,menghindari perselisihan yang menimbulkan pepecahan,serta menyelesaikan masalah di antara mereka dengan cara kekeluargaan,bukan dengan cara tawuran.
* Adab ketiga dari seorang penuntut ilmu berkaitan dengan akhalak mulia secara umum.
Meraka dituntut untuk senantiasa jujur dan tidak biasa berdusta-- termasuk didalamnya adalah tidak berlaku curang dalam ujian,rajin tidak bermalas-malasan,bersungguh-sunggug,cekatan,selalu berakhlak dengan akhlak yang terpuji,tidak melakukan hal-hal yang tercela,seperti minum-minuman keras,merokok,mengkonsumsi narkoba,pergaulan bebas,dkk.Serta tidak menyia-nyiakan waktu dengan mail playstation atau nonton sinetron.
Jika ketiga hal di atas telah direalisasikan oleh para siswa di Indonesia,mak alahirnya generasi cemerlang sebagaimana yang diharapkan,telah didepan mata.Akan tetapi jika pelajar jauh dari ketiga-tiganya,maka jangan harap Indonesia dapat segera bangkit dari keterpurukan. Keterpurukan dari segala bidang kehidupan.

# ayo bangkitkan Indonesia teman-teman :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

vrinia's blogg Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting